Belajar Jepang

Ohayou~ minna-san ^^
Hari ini saya ingin mempost sesuatu yang bertema Anime dan Manga.
Sebenarnya judul postingan ini ambigu sekali. Sebenarnya, di postingan ini ada beberapa random topic yang termuat. Yah, seputar Anime, Manga, dan beberapa bahasan untuk Ota-Education.

Buat Otaku, ayo coba baca, karena di postingan ini saya akan membagi ilmu untuk dipelajari oleh minna-san sekalian :D

kosakata atau sebutan-sebutan yang sering muncul di anime atau anime fanfic yang sering kalian baca nih, especially for my friends yang baru memasuki dunia anime dan suka baca anime fanfic saya, nih saya bagi-bagi ilmu ^o^

Yup, postingan ini membahas :
1. About Manga
2. About Anime
3. About Cosplay
4. About penyebutan / title
5. Kosakata / Suffix tambahan yg sering dipakai
6. Cara menggunakan tanggal dengan kanji
7. Nama-nama penyebutan keluarga
8. Nama-nama tempat, pekerjaan, dan lain-lain
9. Subject dalam Bahasa Jepang
10. Mengenal bahasa Slank (gaul) dalam pergaulan remaja Jepang
11. Kosoado Kotoba
12. Silahkan dicari dibawah, karena saya sudah letih mengetik ini (?)

#note : seusaha mungkin saya menggali informasi, khususnya untuk Otaku disarankan membaca ini, dan jika ada beberapa yang masih kurang lengkap mohon dimaklumi :D

Okay, Let’s reading! ^.)/

Istilah-Istilah Yang Di Pakai Dalam Anime ataupun Manga

Nah teman-teman sekalian, kalau kita mau mengupas lagi nih, ada yang masih belum tahu apa artinya Anime itu?

1. Anime

Anime sendiri adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang.

Nah, Anime ini berbeda dengan Kartun ya, guys. ^^

Kata anime ini muncul dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me (アニメ) yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris “Animation” dan diucapkan sebagai “Anime-shon”.

Macam-macam genre dalam Anime:

☺ Action :
Sebuah karya yang biasanya menggambarkan perkelahian, kekerasan, kekacauan, dan gerakan-gerakan cepat. (Ex: Naruto, Ao no Exorcist, Angel Beats!l)

☺ Adult :
Sebuah karya yang isinya hanya cocok untuk orang dewasa. Judul-judul yang masuk ke dalam kategori ini biasanya berisi banyak adegan kekerasan yang intens, dan atau gambar-gambar seksual serta mengarah kehal-hal yang vulgar.

☺ Adventure :
Apabila seorang karakter melakukan sebuah perjalanan yang panjang untuk satu dan lain hal, itu adalah pertanda judul yang anda pilih adalah anime atau manga petualangan. (Ex: Tears to Tiara, Tsubasa Reservoir, Zero no Tsukaima)

☺ Bishounen :
Karya dimana para pemainnya kebanyakan cowok yang cantik-cantik seperti perempuan namun masih bisa disebut sebagai cowok (Bukan Trap ya), biasanya ditujukan untuk penonton wanita remaja.

☺ Comedy :
Karya dramatis yang ringan dan seringkali humoris, mengandung sebuah resolusi, pemecahan masalah, atau kesimpulan yang bahagia akan sebuah konflik. (Ex: Hayate no Gotoku, Mayo Chiki)

☺ Demons :
Karya yang biasanya ceritanya berisi dengan banyak mahluk sejenis roh / youkai. (Ex: Natsume Yuujinchou, Beelzebub, Kekkaishi)

☺ Doujinshi :
Karya buatan fans berdasarkan suatu anime atau manga resmi tertentu.

☺ Drama :
Karya yang dimaksudkan untuk menarik keluar respons emosional dari pembaca, seperti rasa sedih atau ketegangan. (Ex: Clannad, Byousoku 5 Centimeter, Kanon 2006)

☺ Ecchi :
Karya yang mungkin berada di garis batas antara Hentai dan Non-hentai, ecchi biasanya menyajikan fanservice untuk menarik kelompok fans tertentu. (Ex: Ben-To, Cube x Cursed x Curious, To-Love Ru)

☺ Fantasy :
Karya apapun yang memasukkan unsur sihir, dunia impian, dan dongeng atau legenda. (Ex: Angel Beats, Ao no Exorcist, Naruto)

☺ Gender Bender/Trap :
Wanita berpenampilan dan berpakaian seperti pria, begitu juga sebaliknya. Atau mungkin kasus lainnya adalah wanita berubah menjadi pria, dan sebaliknya.

☺ Harem :
Karya di mana satu karakter pria dikelilingi oleh banyak karakter wanita yang biasanya tertarik atau jatuh cinta padanya. (Ex: Mashiro-iro Symphony, Boku wa Tomodachi ga Sukunai, Clannad)

☺ Hentai :
Karya berbau seksual untuk orang dewasa dengan fokus pada gambar-gambar seksual dan adegan intim.

☺ Historical :
Karya-karya yang berbau sejarah. (Ex: Axis Hetalia Power)

☺ Horror :
Karya yang dipenuhi oleh emosi-emosi seperti rasa takut, kekhawatiran, dan kebencian; emosi yang ditimbulkan oleh sesuatu yang menakutkan atau mengejutkan. (Ex: Another, Elfen Lied)

☺ Lolicon :
Merepresentasikan ketertarikan seksual terhadap gadis di bawah umur. (Ex: Rou Kyuu Buu, R-15)

☺ Magic / Mahou :
Karya yang berhubungan dengan sihir-sihir, kebanyakan adalah cerita cerita seperti gadis penyihir / Mahou Shoujo. (Ex: Puella magi Madoka Magica, Card Captor Sakura, Fairy Tail)

☺ Martial Arts :
Sesuai dengan namanya, karya apapun yang berhubungan dengan seni bela diri. (Ex: Bleach, Naruto, Rurouni Kenshin)

☺ Mature :
Cukup umur; karya yang mungkin terlalu ekstrem untuk orang di bawah umur 17. Judul-judul yang masuk ke dalam kategori ini bisa berisi kekerasan intens, darah, konten seksual, dan bahasa-bahasa kasar. (Ex: Mirai Nikki, Cube x Cursed x Curious)

☺ Mecha :
Karya yang melibatkan dan berkonsentrasi pada segala jenis mesin robot yang besar. (Ex: Gundam, Infinite Stratos, Guilty Crown)

☺ Music :
Karya yang banyak menampilkan adegan dimana para characternya menyanyi, karya yang memiliki banyak adegan musik. (Ex: K-On, THE IDOLM@STER)

☺ Mystery :
Biasanya peristiwa yang tidak bisa dijelaskan terjadi, dan karakter utamanya harus melakukan segala cara untuk mencari penyebabnya. (Ex: Dantalian no Shoka, Detective Conan, Gosick)

☺ Reverse Harem :
Kebalikan dari harem, karya yang menceritakan dimana satu tokoh wanite dikelilingi banyak pria. (Ex: Vampire Knight, Hakuoki)

☺ Romance :
Karya apapun yang berhubungan dengan cinta. (Ex: Clannad, Da Capo, Kaichou wa Maid-sama)

☺ School Life :
Karya yang latar belakang ceritanya berfokus pada kehidupan sekolah. (Ex: Akane-Iro ni Somaru Saka, Clannad, Baka to Test to Shoukanjuu)

☺ Sci-fi :
Karya fiksi ilmiah. (Ex: Code Geass, Dog Days, Final Fantasy)

☺ Shotacon :
Merepresentasikan ketertarikan seksual terhadap laki-laki di bawah umur.

☺ Shoujo :
Karya yang ditujukan untuk pembaca atau penonton wanita, biasanya melibatkan banyak
romansa dan perkembangan karakter yang kuat. (Ex: Card Captor Sakura, Tokyo Mew Mew)

☺ Shoujo-Ai :
Biasa juga disebut yuri atau karya yang berfokus pada hubungan cinta di antara wanita (lesbian), tapi tidak terlalu ekstrem dan tidak berfokus pada hubungan intim.

☺ Shounen :
Karya yang ditujukan untuk remaja, biasanya melibatkan perkelahian dan kekerasan. (Ex: Ao no Exorcist, Asu no Yoichi, Bleach, Naruto)

☺ Shounen Ai :
Percintaan sesama lelaki, tetapi sifatnya ringan. ( tidak sampai tahap hubungan intim). Biasanya genre ini kebanyakan mengutamakan plot serius dan fluff yang tidak terlalu berlebihan untuk menarik pembaca. Axis Powers: Hetalia, Nabari no Ou, Kyou Kara Maou!)

2. Manga

Manga itu apa sih? Hum, penasaran??
Jadi, manga (baca: man-ga, atau ma-ng-ga) merupakan kata komik dalam bahasa Jepang; di luar Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang.
Seperti komik Doraemon, Shinchan, itu disebut “manga”.
Nah, untuk sang penulis manga juga memiliki sebutan, yakni “Mangaka”.

Manga sendiri jenisnya ada berbagai jenis loh, diantaranya :

A. Manga yang khusus ditujukan untuk anak-anak disebut kodomo (子供) — untuk anak-anak.
B. Manga yang khusus ditujukan untuk dewasa disebut seinen (青年) — pria.
C. Manga yang khusus ditujukan untuk perempuan disebut shōjo (少女) — remaja perempuan.
D. Manga yang khusus ditujukan untuk laki-laki disebut shōnen (少年) — remaja lelaki.

Kategori manga pornografis :

Biasanya disebut “hentai” (変態) dalam bahasa Inggris, meskipun istilah ecchi (H) lebih sering dipakai. Ecchi sendiri sebenarnya merupakan cara penyebutan orang Jepang untuk huruf “H” dari kata ‘hentai’.

# Softcore
– lolicon (perempuan muda)
– shota-con (laki-laki muda)
– yaoi (gay)
– yuri (lesbian)

# Hardcore
– ero-guro (erotic-grotesque)
– futanari (hermafrodit)
– kemono (hewan setengah manusia)

Lalu, kalian tau tidak Doujinshi itu apa?

Doujinshi adalah sebutan bagi manga yang dibuat oleh fans manga tersebut yang memiliki alur cerita atau ending yang berbeda dari manga aslinya. Para fans ini biasa mendistribusikannya dari tangan ke tangan, dijual secara indie di toko doujinshi.

Pada dasarnya, kedua kata (Manga dan Komik) adalah sama-sama untuk merujuk arti kepada buku komik, perbedaan yang paling jelas antara sebutan untuk manga dan komik tersebut adalah untuk pembedaan pengelompokan, dimana manga lebih terfokus kepada komik-komik Jepang (kadang juga termasuk Asia), dan komik lebih kepada komik-komik buatan Eropa/Barat, namun keduanya memiliki arti/maksud yang sama atau sebenarnya tidak ada perbedaan.

3. Cosplay : *anggap saja info tambahan ^^

Cosplay adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang yang berasal dari gabungan kata “costume” (kostum) dan “play” (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, manhwa, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Pelaku cosplay disebut cosplayer

Di Jepang, peserta cosplay bisa dijumpai dalam acara yang diadakan perkumpulan sesama penggemar (dōjin circle), seperti Comic Market

Jenis-jenis cosplay sendiri ada beberapa macam, seperti :

# Cosplay anime/manga. Cosplay yang berasal dari anime maupun manga.

# Cosplay Game. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter di Game, bisa juga game yang dimaksud adalah Visual Novel.

# Cosplay Tokusatsu. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter di film tokusatsu. Tokusatsu adalah istilah dalam bahasa Jepang untuk special effects dan seringkali digunakan untuk menyebut film sci-fi/fantasi/hororlive-action produksi Jepang.

# Cosplay Gothic. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter bernuansa gelap atau Gothic. Biasanya digabung dengan Lolita.

# Cosplay Original. Cosplay yang benar-benar original tidak ada di anime, tokusatsu dan lainnya. Atau memiliki dasar yang sama seperti tokoh game Kingdom heart misalnya: Sora (Kingdom Heart) tetapi berbentuk metalic (modern)

4. Sebutan

Sebenernya ini diluar tema yang ingin saya bawakan, tapi saya fikir akan lebih lengkap rasanya jika ditambah dengan beberapa julukan sperti Otaku, Nijikon, dan masih banyak lagi :D

A. Otaku

Otaku itu apa sih? Sering mendengar kata ini, bukan?
Otaku [おたく] adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang benar-benar menekuni hobi (terobsesi dengan hobinya), namun juga bisa berarti kata ganti orang kedua yang paling sopan dalam bahasa Jepang baku, setara dengan kata “Anda” dalam bahasa Indonesia.

Sejak paruh kedua dekade 1990-an, istilah Otaku mulai dikenal di luar Jepang untuk menyebut penggemar berat subkultur asal Jepang seperti anime dan manga, bahkan ada orang yang menyebut dirinya sebagai Otaku. Intinya, untuk saat ini, istilah otaku identik dengan penggemar anime/manga dan cenderung mengikuti hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut setiap musimnya.

Ciri-ciri yang mencolok dari seorang otaku diantaranya adalah mengoleksi figure dari tokoh-tokoh anime/manga favoritnya, mengikuti cosplay, dan memiliki koleksi merchandise anime/manga yang relatif banyak.

B. Nijikon
Orang yang memiliki kecenderungan untuk menyukai/mencintai karakter/tokoh 2D (anime, manga, kartun, game, dsb) disebut juga dengan ‘Nijikon’.

Nijikon adalah istilah slang dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk merujuk orang yang hanya tertarik atau terobsesi dengan wujud dua dimensional berupa karakter anime, manga, dan permainan video, yang umumnya dipresentasikan di atas kertas atau layar, beserta figur boneka dari karakter tersebut.
Istilah ini merupakan singkatan dari istilah Nijigen kompurekkusu (2-dimension complex).

Otaku yang terobsesi kepada salah satu atau lebih karakter dalam anime, manga, atau permainan video menyebut diri mereka sebagai Nijigen Otaku (Niji Ota) atau Otaku penggemar 2 dimensi.
Pada kasus tingkat yang “serius” penderita nijikon sudah kehilangan minat pada manusia / lawan jenis di dunia asli

ciri-ciri (yang bisa terlihat) Cowo nijikon stadium menengah ke atas adalah sebagai berikut:

1. Mengaku waifu (istri) pada salah satu tokoh anime/manga. Atau ‘poligami’ dengan membuat semacam harem terhadap beberapa tokoh anime/manga

2. Cenderung kurang berselera atau bahkan tidak tertarik apabila ‘ditawari’ Cewe 3D (Cewe real). Sebagian dari mereka bahkan mengaku hanya menyukai Cewe 2D

3. Rela menghabiskan uangnya untuk membeli merchandise yang berkaitan dengan tokoh anime favoritnya tersebut, biasanya yang dibeli adalah figurine, poster, manga/komik, artbook, t-shirt, dsb.

4. Menghabiskan waktunya untuk menonton anime, membaca manga, atau memainkan game-game bishoujo/dating-sim/hentai; cenderung kurang bersosialisasi di real (hikkikomori). Kalaupun bersosialisasi mungkin hanya sekitar penggemar anime/manga saja, atau dengan orang-orang yang satu minat dengannya.

Ciri-cirinya (yang bisa terlihat) buat yang cewe antara lain:

1. Mengubah namanya dengan menghubungkan nama realnya dengan tokoh anime favoritnya, misalnya nama realnya adalah Ayu, tokoh favoritnya adalah Lelouch Lamperouge/Lelouch vi Britannia (Code Geass). Maka ia mengubah namanya menjadi Ayu Lamperouge atau Ayu vi Britannia (atau bahkan mengubah namanya menjadi nama yang berbau Jepang / me-nippon-isasi, dalam kasus ini menjadi Ayumi, Ayu-chan, Ayu-ayu, misalnya).

2. Memasang foto tokoh anime/manga favoritnya di situs-situs jaringan sosial (facebook, Friendster) sebagai primary atau sebagai avatar/siggy forum; biasanya ditambahi embel-embel yang menyatakan kecintaan terhadap tokoh tersebut ataupun sebagainya.

3. Mengaku-ngaku sebagai suami dari tokoh anime/manga favorit yang bersangkutan. Berkaitan dengan poin nomor 1 diatas.

C. Hikikomori

Hikikomori, mungkin secara bahasa diartikan sebagai ‘terisolasi’, merupakan salah satu istilah dalam bahasa Jepang yang berarti seseorang yang memilih untuk mengisolasi diri (menghindarkan diri) dari kehidupan sosial (kehidupan luar) dan memilih untuk menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk diam di rumah, kalaupun ke luar rumah hanya seperlunya saja, misalnya membeli makanan atau mengambil koran.

Penyebab hikkikomori biasanya beragam, dari mulai ketidakmampuan diri untuk berinteraksi dengan dunia luar hingga karena trauma dengan suatu kejadian di luar rumah (misalnya trauma kecelakaan). Oleh karena itu sebenarnya hikkikomori memerlukan bimbingan secara psikis.

Dalam anime, contoh hikkikomori diantaranya adalah Nagi Sanzenin (Hayate no Gotoku!)

D. Tsundere, Dandere, dan Yandere.

Dalam anime atau manga, sering sekali digunakan istilah Tsundere, Dandere, dan Yandere untuk mengungkapkan kepribadian karakternya. Namun banyak yang belum mengerti benar apa arti dan perbedaan ketiganya.

# Tsundere

Tsundere adalah semacam istilah slank dalam bahasa Jepang yang merupakan akronim dari tsuntsun dan deredere.
Tsun-tsun secara harafiah bisa diterjemahkan sebagai “aloof, morose, pointed”, sedangkan dere-dere adalah “exhausted, lovestruck.” Gampangnya, karakter dengan tipe tsundere biasanya adalah seorang tokoh perempuan yang digambarkan berkarakter hot-blooded, dan berusaha menyangkal setengah mati perasaannya sendiri bila jatuh cinta dengan seseorang.

Tsundere dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan faktor penyebab manifestasi sifat tsundere.

1. Natural Tsundere
Sifat tsundere yang paling umum dan paling banyak dijumpai. Sifat tsuntsun pada mulanya muncul dari rasa nervous karakter yang bersangkutan, hal ini adalah reaksi spontan untuk lari dari perasaan nervous. Karena munculnya spontan bahkan dalam beberapa kasus karakter yang bersangkutan tidak menyadari perbuatannya sendiri. Tekanan yang dapat mengakibatkan kondisi mental nervous ada banyak macam, itu tergantung dari sensitivitas perasaan karakter.

2. Narcism Tsundere
Sifat tsundere berikut muncul sebagai akibat dari sifat narcisis dari karakter yang bersangkutan. Prilaku tsun-tsun dan dere-dere nya memang murni karena sifat self centered. Karakter yang paling sulit menerima koreksi dan opini.

3. Tsundere Ojou
Sifat tsundere yang muncul sebagai akibat latar belakang kehidupan dari karakter bersangkutan yang menerapkan gaya hidup superior. Karakter ini akan melibatkan sifat gengsi dan jual mahal yang memicu prilaku tsun-tsun. Pada kasus ini karakter yang bersangkutan akan mengkondisikan dirinya sendiri untuk lebih sulit dijangkau… sekalipun sesungguhnya ia ingin didekati. Seringkali apa yang diutarakan atau diekspresikan berbeda dengan apa yang sebenarnya ada dalam peraasan karakter ini. Sekali seseorang menemukan titik mati bagi karakter ini, maka karakter ini tidak mempunyai alasan ataupun kekuatan lagi untuk menutupi perasaan yang sesungguhnya, dan dengan segera ia akan menunjukkan sifat dere-dere.

4. Deviant Tsundere
Jenis Tsundere yang paling berbahaya dari semuanya. Karena pada fase tsun-tsun nya harus dilewati dengan keadaan extraordinary yang kemungkinan besar mengancam kehidupan karakter lain.

5. Tsundere Pragmatic
Klasifikasi Tsundere yang paling baru. Karakter yang cenderung bersikap pragmatis, menanggapi segala sesuatu dengan serius, terlalu berpaut pada peraturan, dan biasanya sebagai karakter Tsukomi yang memiliki selera humor yang rendah. Namun karena sikapnya yang selalu serius kemudian pada suatu waktu berubah menjadi lembut sama dengan aura moe tsundere lainnya

6. Extrovert Tsundere
Tsundere ini muncul pada karakter yang ceria, ramai, banyak tingkah, expresif atau dengan kata lain extrovert. Ini merupakan manifestasi tsundere yang paling kekanakan dari yang lainnya. Pada tipe tsundere ini karakter yang bersangkutan akan melakukan hal apapun untuk dapat mendekati karakter lainnya, biasanya tingkah laku yang mischievous atau mengganggu karakter lain … dan inilah fase tsutsun.

7. Introvert Tsundere
Kebalikan dari Extrovert Tsundere … dan hanya berlaku pada karakter yang pendiam. Kecenderungannya untuk menyembunyikan perasaan sesungguhnya muncul karena sifat introvertnya sendiri. Atau singkat kata, pada dasarnya ini memang karakter yang tertutup.

# Dandere

Dandere secara literal berasal dari kata “danmari” + “deredere”.
Sebuah kata sifat untuk menggambarkan karakter yang pendiam, pemalu namun belakangan melakukan tindakan yang tidak terduga apabila kita perhatikan sifat awalnya yang pemalu.
Fase dere-dere nya muncul ketika karakter ini berduaan dengan karakter yang disukainya. Atau bisa juga digunakan untuk menggambarkan sifat karakter yang meskipun pemalu namun betindak progressif bahkan melebihi karakter normal.
Dandere digunakan juga untuk mengekspresikan kondisi ketika seseorang yang berkarakter pendiam (danmari taipu) memasuki fase love struct (dere-dere)
Dan gejalanya biasanya terlihat apabila karakter yang bersangkutan bertemu dengan karakter yang disukai…. reaksinya bisa macam macam, salah tingkah, bicara ngawur atau hanya sekedar blushing. Namun ekspresi apapun itu munculnya diluar dugaan kita. (Ex : Hyuuga Hinata)

# Yandere

Selain itu ada satu lagi istilah yang menggunakan “dere-dere” lagi yakni Yandere. Kebalikan dari tsundere, Yandere bisa bearti semacam fetish pada objeknya, rasa suka yang berubah menjadi “Pemujaan” murni. tetapi bila cintanya ditolak, tipe yandare akan melakukan segala cara untuk mendapat apa yang dia inginkan. Contoh yang bagus dari seorang yandere adalah Gasai Yuuno (Mirai Nikki)

Note: Setelah saya diberi tahu oleh beberapa sumber ternyata yandere itu ada 2 jenis, diantaranya :

Yandere : sifat suatu karakter yang asalnya tenang, menjadi psikopat karena faktor ‘objek afeksi’ atau dipengaruhi orang lain (ex: Gasai Yuno, Belarus/Natalya Arlovskaya)

Yangire : Sifat ini murni karena perubahan sifat karakter menjadi psikotik. Bukan karena demi ‘seseorang/sesuatu’. (ex: Russia/Ivan Braginski, Ryuugu Rena)

5. Tambahan pengertian singkat dari beberapa istilah yang sering kita temui :


☺ Chibi: Versi mungil atau lucu suatu karakter anime, biasanya chibi muncul ketika suasana komedi

☺ Fanservice: Gambar atau adegan yang ditambahkan ke dalam anime yang tidak ada hubungannya dengan alur cerita utamanya

☺ Maid: Secara harfiah berarti pembantu, namun di anime biasanya Maid digambarkan sebagai tokoh pembantu yang cantik dan imut

☺ Maid Cafe: Kafe yang karyawannya menggunakan pakaian Maid, seperti di Maid-Latte anime Kaichou wa Maid-sama

☺ Moe: Seorang karakter anime yang secara fisik masih berusia muda & memiliki wajah cantik & penampilan menarik

☺ Nyaan: Biasanya panggilan untuk karakter yang menggunakan cosplay kucing

☺ OVA: Original Video Animation, Anime yang diedarkan terlepas dari bentuk TV Seriesnya

☺ OAD: Original Animation DVD, Hampir sama dengan OVA namun OAD diedarkan dalam bentuk DVD

☺ ONA: Original Net Animation, Hampir sama dengan OVA namun ONA diedarkan melalui situs online/internet

☺ Pantsu: Berasal dari kata Panties yang berarti celana dalam

☺ Bishojo: Karakter perempuan yang cantik diluar kewajaran

☺ Bishounen: Karakter laki-laki yang ganteng diluar kewajaran

☺ Fanart: Gambar yang dibuat oleh fans (tidak resmi) yang terinspirasi dari suatu anime

☺ Action Figure: Patung/cetakan yang dibuat menyerupai karakter di suatu anime

☺ Fujoshi: Sebutan untuk cewek-cewek penggemar Yaoi, shounen ai, dan semacamnya

☺ Fudanshi: Sebutan untuk cowok pnggemar yuri, shoujo ai, dan semacamnya

☺ Guro/Gore: Biasanya digunakan untuk menyebutkan suatu anime yang banyak menampilkan adegan penuh kesadisan

☺ Meganeko: Karakter perempuan dengan kacamata

☺ Nekomimi: Karakter perempuan dengan telinga atau ekor kucing

☺ Otome Game: Video game yang dibuat untuk perempuan, alur cerita game ini tentang percintaan antar karakter

☺ Sukumizu: Baju renang yang biasa digunakan karakter perempuan di sekolah

☺ Tokusatsu: Sebutan untuk anime-anime seperti kamen rider, ultraman, dsb

☺ Vocaloid: Diproduksi oleh Yamaha, dimana dengan software ini kita bisa membuat nyanyian sintesis

Beberapa Kosakata & suffix tambahan yang mungkin sering dipakai :

☺ san: Imbuhan untuk memanggil nama laki-laki/perempuan yang sebaya, atau cukup formal

☺ senpai: Imbuhan untuk memanggil nama lelaki/perempuan yang dihormati, atau senior

☺ Kohai : Imbuhan untuk memanggil lelaki/perempuan yang lebih muda, atau junior

☺ sama: Imbuhan untuk memanggil nama laki-laki/perempuan yang dihormati karena derajatnya, juga lebih sopan dari ‘san’.
Biasanya digunakan untuk menyebut kaisar, raja, Tuhan dan orang-orang yang sangat dihormati.
Contoh :
Oosama = raja
Kamisama= Tuhan

☺ kun: Imbuhan untuk memanggil nama laki-laki yang dihormati, biasanya dipakai jika sudah cukup berkenalan lama/akrab. Digunakan untuk memanggil teman laki-laki yang telah akrab atau lebih muda dari kita. Biasanya digunakan dibelakang namae ( nama aslinya ), bukan dibelakang myouji ( nama keluarga/marga ), walaupun ada juga yang memakai myouji + kun.

☺ chan: Imbuhan untuk memanggil anak kecil, perempuan yang lebih muda, sesama umur, panggilan sayang untuk pacar, untuk perempuan yang dianggap cantik, atau bisa dipakai jika sudah cukup berkenalan lama/akrab.

Note : Usually, dalam tata bicara Jepang, jika orang yang belum terlalu mengenal satu-sama lain atau tidak berhubungan akrab akan memanggil dengan nama keluarga (Belakang).

☺ Nee : Sebutan kepada kakak perempuan

☺ Nii : Sebutan kepada kakak lelaki

☺ dono: Imbuhan untuk memanggil nama laki-laki yang dihormati

☺ danna: Imbuhan untuk memanggil orang yang senior/dihormati/master

☺ Baka: Secara harfiah berarti bodoh, biasanya digunakan untuk menyebutkan tokoh yang bodoh

☺ Kawaii: Biasanya digunakan untuk mengungkapkan kekaguman ke orang/benda yang imut

☺ Kirei (na): Biasanya digunakan untuk mengungkapkan kekaguman ke orang/benda yang cantik

☺ Hansamu (na): Biasanya digunakan untuk mengungkapkan kekaguman ke orang yang tampan

☺ Kami ga nagai : berambut panjang

☺ Kami ga mijikai : berambut pendek

☺ Se ga hikui : bertubuh pendek

☺ se ga takai : bertubuh tinggi

☺ futotte imasu : bertubuh gempal

☺ yasete imasu : bertubuh kurus

☺ Yokkata : Syukurlah

☺ Yasashii : sifat orang yang berjiwa penolong atau suka membantu

☺ Itadakimasu : Salam ketika akan makan, memiliki arti : Selamat makan

☺ Gochisousamadeshita : salam yang diucapkan ketika selesai makan

☺ Arigatou Gozaimasu : Terima Kasih

☺ Dou itashimashite : Terima kasih kembali/Sama-sama

☺ Ohisashiburi : salam kepada orang yang lama tidak bertemu

☺ Ohayou Gozaimasu: Selamat pagi

☺ Konichiwa: Selamat siang

☺ Konbanwa: Selamat malam. (digunakan hingga seseorang belum ingin tidur)

☺ Oyasuminasai: salam yang digunakan pada waktu berpisah saat larut malam atau sebelum tidur

☺ Hajimemashite: kalimat yang pertama kali diucapkan ketika bertemu dengan orang baru dan berkenalan, memiliki arti : perkenalkan

☺ Watashi: Saya (biasa digunakan oleh wanita)

☺ Boku : Saya (biasa digunakan oleh pria)

Contoh penggunaan : Watashi wa Citra desu. penggunaan Boku juga sama saja cara penggunan seperti diatas

☺ Anata : Merupakan kata yang paling umum untuk menyebutkan kamu, digunakan baik oleh perempuan maupun laki-laki kepada baik perempuan maupun laki-laki juga.
Bisa memberikan kesan formal atau hormat namun juga bisa sebaliknya, sebaiknya tidak menggunakan anata kepada lawan bicara yang lebih tua atau atasan.

☺ Onamae : Nama

☺ Onamae wa? : siapa nama anda?

☺ Omae: Kamu (laki-laki). Sebenarnya tidak harus laki-laki juga, hanya lebih dominan, salah satu kata kamu yang umum digunakan di lingkungan pertemanan.

☺ Kimi: Kamu (perempuan). Biasa diucapkan oleh laki-laki kepada perempuan, namun jika dilakukan sebaliknya (perempuan kepada laki-laki) memberikan kesan sayang atau manja.

☺ Sayounara : Salam yang diucapkan ketika akan berpisah (lebih mengarah ke perpisahan dalam jangka waktu lama)

☺ Mata ashita : salam yang diucapkan ketika akan berpisah, juga memiliki arti : sampai bertemu lagi

☺ Ittekimasu : salam yang diucapkan ketika akan meninggalkan rumah

☺ Tadaima: Ucapan salam ketika memasuki rumah, memiliki arti : Aku pulang/kembali

☺ Okaerinasai: Ucapan menyambut orang yang baru memasuki rumah, memiliki arti : Selamat datang di rumah

☺ Sumimasen: Permisi atau maaf secara formal

☺ Gomenassai : Permintaan maaf, tidak formal

☺ Youkoso: Selamat datang

☺ Wakaranai: Tidak tahu

☺ Kotoba : a word (Kata-kata)

MENGENAL BAHASA SLANK (GAUL) DALAM PERGAULAN REMAJA JEPANG

Mengenal Bahasa Gaul (Slank) dalam NihonGo
Pernah mendengar kalimat sankyu ? sugee ? oha ? dan lainnya?
Kalimat-kalimat tersebut bisa dibilang kalimat santai yang diucapkan dalam bahasa pergaulan remaja Jepang.
Untuk kamu yang ingin tahu artinya, berikut kata-kata pergaulan yang paling sering diucapkan dalam bahasa Jepang
Kata Serapan Bahasa Jepang

Sankyu
biasa ditulis dengan romanji sankyu, 39, atau 三九 , merupakan kata slank dari thank you atau terima kasih, ditulis 39 karena 3 adalah san ( 三 ) dalam bahasa Jepang, sementara kyu atau  九 berarti 9.

Sugee
Berarti keren atau hebat, lebih sering diucapkan dibanding sugoi yang mempunyai arti sama

Oha
Kalimat singkat dari Ohayōgozaimasu yang berarti selamat pagi

Chou
Berarti sangat atau super, dan digunakan sebagai awalan.
Contoh :
choukawaii ( super cantik atau sangat cantik)

Majide
Kalau dalam bahasa Indonesia berarti “serius lo?!!”

IDD
Merupakan singkatan dari Ikemen nara Dare Demo, artinya kira-kira “siapa aja boleh, yang penting cakep”.

DSK
Singkatan dari Demo Sonna no Kankei nai, artinya “ga nyambung” atau “ga da hubungannya”

Shikatanai
Berarti “ya sudahlah”

Dijikame
merupakan kata serapan dari bahasa inggris dari digital camera atau kamera digital

Makudoru
Sama seperti dijikame, makudoru adalah kalimat serapan untuk mengatakan restoran McD

PROFESI

☺ Shufu : Ibu rumah tangga

Keisatsukan : Polisi

Nouka : Petani/peternak

Note : karena nouka berarti petani/peternak berarti yang merupakan bermata pencaharian keluarga sebagai petani/perternak tidak bisa memperkenalkan sebagai, “watashi wa nouka desu”, namun memakai, “uchi wa nouka desu”.

☺ Ryoushi : Nelayan

☺ Daiku : pekerja lapangan / kuli

☺ Ginkouin : pegawai bank

☺ Kaishain : pegawai perusahaan

☺ Koumin : Pegawai negeri

☺ Kangofu : Perawat

☺ Isha : Dokter

☺ Shougakusei : Siswa/siswi Elementary School (Sekolah Dasar)

☺ Chuugakusei : Siswa/siswi Junior High School (SMP)

☺ Koukousei : siswa/siswi Senior High School (SMA)

☺ Gakusei : mahasiswa

☺ Kyoushi : seorang pengajar

NAMA TEMPAT

☺ Kaisha : Kantor / PT

☺ Bypuin : Rumah sakit

☺ Ginkou : Bank

☺ Kissaten : Kafe

☺ Resutoran : Restoran

☺ Mise : toko / warung

☺ Shougakkou : Sekolah Dasar

☺ Chuugakkou : Sekolah Menengah Pertama

☺ Koutougakkou : Sekolah Menengah Atas

☺ Daigaku : Universitas

AKSESORIS

☺ Boushi : Topi

☺ Megane : Kacamata

☺ Nekutai : Dasi

☺ Sandary : Sandal

☺ Geta : sandal kayu khas Jepang

☺ Kutsushita : Kaos Kaki

☺ Kutsu : Sepatu

PENYEBUTAN ANGGOTA KELUARGA SENDIRI (Watashi no Kazoku)

☺ Sofu = Kakek

☺ Sobo = Nenek

☺ Chichi = Ayah

☺ Haha = Ibu

☺ Oji / sofu = Paman

☺ Oba / sobo = Bibi

☺ Ani = Kakak (laki-laki)

☺ Ane = Kakak (perempuan)

☺ Otouto = Adik (laki-laki)

☺ Imouto = Adik (perempuan)

☺ Itoko = Sepupu

☺ Watashi = Saya

☺ shujin = Suami saya

☺ Kanai = Istri saya

PENYEBUTAN ANGGOTA KELUARGA LAIN

☺ Ojiisan : Kakek

☺ Obaasan : Nenek

☺ Otousan : Ayah

☺ Okaasan : Ibu

☺ Ojisan : Paman

☺ Obasan : Bibi

☺ Oniisan : Kakak (laki-laki)

☺ Oneesan : Kakak (perempuan)

☺ Otoutousan : Adik (laki-laki)

☺ Imoutosan : Adik (perempuan)

☺ Anata : Kamu

☺ Goshujin : Suami anda

☺ Okusan : Istri anda

SUBJECT DALAM BAHASA JEPANG

Subjek, adalah salah satu hal yang dibutuhkan dalam membentuk sebuah kalimat sempurna, begitupun dalam bahasa Jepang.

Agar tidak menyerupai format buku pelajaran, dan agar tidak terlalu panjang berbasa basi, berikut saya tuliskan daftar subjek dalam bahasa Jepang ;
Subjek dalam bahasa Jepang

Saya – 私 – Watashi, sifatnya umum, digunakan baik oleh perempuan maupun laki laki. Sedangkan kata saya yang khusus digunakan oleh perempuan adalah atashi, dan yang khusus digunakan oleh laki-laki adalah boku 僕 atau ore 俺

Kamu – あなた  Anata, merupakan ucapan yang lebih umum di bandingkan omae atau kimi.

Dia – Untuk menunjuk seorang laki laki, digunakan kata Kare 彼 , seperti he dalam bahasa Inggris, sedangkan untuk menunjuk perempuan, menggunakan kata Kanojo 彼女

Kami – 我々 – wareware, bisa juga menggunakan watashitachi 私達 , boku tachi, bokura, warera, ataupun watakushi tachi.

Kalian – あなたたち – Anata tachi, bisa juga menggunakan kimi tachi きみたち , atau minasan 皆さん {kalian semua}

Mereka – 彼ら – Karera, atau 彼女ら kanojora, perhatikan dalam perbedaan menyebut kata dia untuk laki laki dan perempuan.

Beliau – あのかた  – anokata.

KANJI + BACAAN ANGKA 1-10

☺ 1 = Ichi / Rei = 一
☺ 2 = Ni = 二
☺ 3 = san = 三
☺ 4 = shi / yon = 四
☺ 5 = Go = 五
☺ 6 = Roku = 六
☺ 7 = Shichi / nana = 七
☺ 8 = hachi = 八
☺ 9 = Kyuu / ku = 九
☺ 10 = Jyuu = 十

Note : Ketika menyebutkan nomor telepon ada tanda pemisah sesama angka, ( – ).
Tanda tersebut dalam bahasa Jepang dibaca ‘No’.
Untuk angka 4, 7, dan 9 dibaca Yon, nana dan Kyuu, bukan Shi, shichi, dan ku supaya tidak salah terdengar.

0. ゼロMaru 丸
1. Hitotsu 一
2. Futatsu 二つ
3. Mittsu 三つ
4. Yottsu 四つ
5. Tsutsu 五つ
6. Muttsu 六つ
7. Nanatsu 七つ
8. Yattsu 八つ
9. Kokonotsu 九つ

Perbedaan ichi – hitotsu dan lainnya
Salah satu hal yang sering dipertanyakan saat mengenal bilangan dalam bahasa Jepang adalah perbedaan dari ichi dan hitotsu, ni dan futatsu, san dan mittsu, dan seterusnya.

Perbedaannya sederhana, ichi, ni, dan san merupakan bahasa jepang dari angka-angka tersebut, digunakan jika kamu menyebutkan angka, contoh penggunaan dalam bahasa Indonesia;

jam satu
ini satu, ini tiga,…
nomor handphone ku kosong, delapan, satu, sembilan, …

Sedangkan hitotsu, futatsu, mittsu, dan seterusnya digunakan untuk menghitung, contoh;

satu, dua, tiga, ada tiga keping uang.
satu, dua, tiga, empat, ga kerasa, sudah 4 jam.
satu, dua, tiga, ku kumpulkan keping demi keping hatiku yang hancur karenamu..

Gimana? sudah mengerti kan perbedaanya?

Silahkan dihafal angka satuan dalam bahasa Jepang tersebut.
Menghapal bilangan Jepang satuan di atas sangat penting karena hitungan selanjutnya (belasan dan puluhan)akan mempunyai pola atau rumus dari bilangan-bilangan tersebut.

MENGHITUNG JUMLAH ORANG

☺ 1 orang : Hitori

☺ 2 orang : Futari

☺ 3 orang : Sannin

☺ 4 orang : Yonin

☺ 5 orang : Gonin

☺ 6 orang : Rokunin

☺ 7 orang : Shichinin

☺ 8 orang : Hachinin

☺ 9 orang : Kyuunin

☺ 10 orang : Juunin

USIA

☺ 1 Issai

☺ 2 Nisai

☺ 3 Sansai

☺ 4 Yonsai

☺5 Gosai

☺6 Rokusai

☺7 nanasai

☺8 Hassai

☺9 Kyuusai

☺10 Juissai

☺11 Juuissai

☺20 Hatachi

☺ umur berapa??

Note : 1. untuk menghitung usia yang lebih dari 10th, dilakukan dengan cara menghitung angka puluhan ditambah hitungan usia (satuan).

2. Usia 20th menggunakan ‘hatachi’ (tidak ditambah Sai).

UNGKAPAN WAKTU

☺ Kyonen. Tahun lalu

☺ Kotoshi : Tahun iini

☺ Rainen : tahun depan

Note : untuk menyebutkan usia orang dilakukan dengan cara menambahkan ‘sai’ setelah hitungan biasa, sedangkan untuk menyebutkan waktu (tahun) dilakukan dengan cara menambahkan ‘nen’ setelah hitungan biasa.
Contoh : tahun 1997 dikatakan ‘senkyuuhyaku kyuujuu nananen’

Nama-nama hari
Minggu Nichiyobi 日曜日
Senin Getsuyobi 月曜日
Selasa Kayobi 火曜日
Rabu Suiyobi 水曜日
Kamis Mokuyobi 木曜日
Jumat Kinyobi 金曜日
Sabtu Doyobi 土曜日

Di atas adalah nama-nama hari dalam bahasa Jepang. Berikut daftar nama bulan dalam bahasa Jepang.

Nama Bulan

Januari Ichigatsu 一月
Februari Nigatsu 二月
Maret Sangatsu 三月
April Shigatsu 四月
Mei Gogatsu 五月
Juni Rokugatsu 六月
Juli Shichigatsu 七月
Agustus Hachigatsu 八月
September Kugatsu 九月
Oktober Jugatsu 十月
November Juichigatsu 十一月
Desember Junigatsu 十二月

KOSOADO KOTOBA

Kosoado Kotoba ( Kore, Sore, Are, dan Dore )
Kosoado merupakan singkatan dari Kore, Sore, Are, dan Dore yang merupakan bagian dari Kotoba {言葉} atau kalimat.

Dalam pelajaran bahasa Inggris,kita mengenal jenis kata tunjuk this, that,dan which, sedangkan dalam bahasa Jepang, terdapat 4 jenis kata tunjuk, yaitu kore, sore, are, dan dore, yang dikenal sebagai kosoado kotoba (こそあど言葉)
Kosoado kotoba

Berikut penjelasannya,

Kore これ
Mempunyai arti “ini” atau digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang dekat dengan pembicara, seperti menunjuk benda atau sesuatu yang ada di sekitar, begitu dekat hingga dapat diraih.
Sore それ
Mempunyai arti “itu” atau digunakan untuk menunjukan sesuatu yg dekat dengan lawan bicara.
Dalam hal ini berarti pembicara dan lawan bicara tidak dalam posisi yang berdekatan, jika keduanya berdekatan, maka kata tunjuk yang digunakan adalah Kore.
Are あれ

Mempunyai arti “itu” atau digunakan untuk menunjukan sesuatu yg jauh dari kedua pembicara.

Dore どれ

Digunakan jika kedua pembicara tidak tahu tempat atau benda nya, bisa diartikan kalimat tanya “yang mana?” atau “which one” dalam bahasa Inggris

Bukan hanya untuk menunjukkan benda, kosoado kotoba juga bisa digunakan untuk menunjukkan masalah, situasi, atau topik pembicaraan. Contohnya seperti

それはいいですね。
Sore wa ii desu ne. = That’s nice!

Jika kata tunjuk kosoado mengikuti kata benda, kata penunjuk tersebut berubah menjadi kono この,  sono その, ano あの, dan dono どの, yang mempunyai arti berurutan sama seperti di atas.
Contoh ; Ini buku = Kono hon この本

***

Yak segini dulu saja ya minna, postingan ini saya rangkum dari blog Akeno Yuki, Minami Kuroichi & walau ada sebagian yang saya edit, dan saya tambahkan dari Modul Japan Language sekolah saya :)

Lain kali saya akan bahas lebih dalam lagi (?) Seperti pembelajaran ‘cara memperkenalkan diri dan berinteraksi’ dan lain-lain lah

Baiklah, saya undur diri, silahkan tinggalkan komentar sebagai tanda menghargai postingan saya :)
Jika anda menyukai postingan ini, silahkan klik ‘suka / like’ dibawah ^^

Edited, 27th July, 2013. 01:30 PM

Regard,

Citra D. Kania (@CitraDewi__ )

About CDK world :)

Hi... ^^ selamat datang di wordpress milik saya. Saya siswa SMP tahun ke-3. Kalian bisa sebut saya freelance author because i love so much to write Fanfic hoho. Fanfiction yang akan saya posting disini ada beberapa jenis, ada yang kpop, ada yang anime ^^ karena saya suka anime seperti Naruto, D. Conan, Bleach, dan masih banyak lagi, saya sering memakai characternya di FF buatan saya, sedangkan untuk FF kpop pairingnya ada yg Super Generation ada yang saya bikin sendiri pairingnya sesuai mood saya #plak. Di Wordpress ini saya juga mempost lirik lagu, dari Barat (especially rock-Music), Kpop, juga Jpop (especially ost Anime). Selain itu, saya juga menshare tentang pelajaran (because i am a student :) ), dan beberapa info lainnya Oh ya, jika ingin merequest lyrics ataupun fanfic juga boleh. tinggal tinggalkan comment untuk saa :) so, lets visit and read my Wp now ^^ Regard, Citra Dewi Kania
This entry was posted in Anime, FF Anime, Pengetahuan Umum, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s